10 Dangerous Aquatic Animal

Laut memiliki ekosistem yang menakjubkan. Berbagai jenis hewan akuatik lautan hidup, tumbuh, dan berkembang disana. Mulai dari yang mengagumkan, menakjubkan, mencengangkan, sampai yang mengerikan pun ada. Kali ini kita akan menyimak 10 hewan laut yang berbahaya di seantero penjuru dunia kelautan. Silakan disantap……………

10. Sea Eel (Belut Laut)

Gigitan kuat dari gigi tajam dari belut laut ini dapat mengakibatkan luka serius yang rentan terkena infeksi bakteri dari mulut hewan primitif ini. Belut laut kerap bersembunyi di celah-celah dan lubang karang pada siang hari serta berburu makanan di malam hari (nocturnal). Para ahli kelautan menyarankan para penyelam untuk menjauhkan tangan dari celah atau lubang mencurigakan untuk menghindari serangan. Satu lagi, jangan pernah memberi makan hewan ini jika tidak mau diserang kawanannya!

9. Sea Lion (Singa Laut)

Singa laut dapat digolongkan sebagai binatang yang lucu, mudah dilatih, dan banyak menjadi bintang di beberapa kebun binatang. Kendati begitu, hewan ini tak jarang pula menyerang manusia. Beberapa ilmuwan mengatakan, perilaku singa laut sulit diduga dan dapat tiba-tiba menjadi agresif.

 

8. Stingray/Manta Ray (Ikan Pari)

Nama hewan ini begitu banyak menyita perhatian dunia semenjak kematian tragis ahli biologi sekaligus ‘Crocodile Hunter’, Steve Irwin, pada tahun 2006. Selain kekuatan tubuhnya yang dapat menghancurkan sebuah kapal kayu dengan hantaman tubuhnya, ekor ikan pari yang mirip tombak itu mengandung racun dalam dosis tinggi. Ekornya inilah yang membuat Steve Irwin gagal jantung!

7. Marine  Crocodile (Buaya air asin)

Buaya air asin memiliki reputasi mengerikan sebagai salah saru hewan paling ganas di dunia. Hewan yang tumbuh lebih dari 6 meter dan berbobot 1500 kilogram ini memangsa monyet, kanguru, banteng, ikan hiu,  dan manusia! Dengan kekuatan besarnya, hewan ini menggigit mangsa di dalam air sambil memutar-mutarnya untuk melumpuhkan dan kemudian memakannya! 

6. Lion Fish (Ikan Singa)

Sebenarnya ikan favorit penghuni akuarium ini terkenal akan duri-durinya yang sangat beracun. Menurut beberapa laporan, racun dari ikan ini dapat mengakibatkan sakit kepala, muntah-muntah, dan gangguan pernapasan yang dapat berlangsung hingga beberapa minggu!

 

 

5. Sea Snake (Ular Laut)

Ketakutan dasar manusia pada ular telah menempatkan spesies ini pada daftar hewan laut berbahaya. Pada kenyataannya, ulat laut hidup bersembunyi di laut tidak terlalu mengancam manusia. Kendati begitu, racun ular ini tetap saja sangat menakutkan. Dalam sekali gigtan, racunnya mampu melumpuhkan mangsa dan membunuhnya dalam hitunga detik!

 

4. Puffer Fish (Ikan Buntal)

Ikan ini mengandung racun mematikan bernama Tetrotodoxin (TTX). Racun yang lebih kuat dari sianida ini dapat megakibatkan seseorang kesulitan bernapas yang berujung pada kematian. Uniknya, para koki professional Jepang mampu mengolah daging yang bisa dikonsumsi terpisah dari racun sebagai hidangan dengan cita rasa tinggi.

3. Stone Fish (Ikan Batu)

Ada 2 alasan mengapa ikan ini masuk daftar hewan laut berbahaya. First, ikan ini adalah ikan paling beracun sedunia! Second, ikan berbentuk mirip batu ini sangat ahli dalam hal penyamaran. Walau termasuk ikan pasif yang jarang menyerang, jangan sekali-kali menginjaknya! Racun dari durinya dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian jika tak segera ditolong!

                                                                 

   

                                                                                                                                                                                                                                                     2. Tiger Shark (Hiu Macan)

Predator ulung ini memang benar-benar omnivora! Sebut saja mangsanya seperti ikan, anjing laut, burung, cumi-cumi, hiu kecil, lumba-lumba, dan bahkan ban mobil dilahapnya! Menurut para ahli, hiu bergigi sanagt tajam ini dapat tumbuh sepanjang lima meter dengan bobot sekitar satu ton! Hiu ini banyak terdapat di perairan tropis (Indonesia termasuk daerah tropis!).

1.Box Jellyfish (Ubur-ubur Kotak)

Dalam tiap tentakel spesies ubur-ubur kotak Australia terdapat cukup racun untuk membunuh 60 orang! Tak hanya itu, racun mematikan ini bekerja dalam kecepatan mengerikan. Cukup tiga menit dan nyawa seseorang pun akan melayang! Selain spesies tersebut, terdapat pula spesies ubur-ubur kotak asal Portugal yang konon katanya sengatannya serasa seperti tersambar petir.

This article created by : Muhammad Mumtaz Adz-Dzakiy

Leave a comment